background img

Temukan hal sederhana disini tapi hasilnya WAHHHHHHH....

Menentukan Arah Kiblat (Google Earth)

Lama yah saya baru jalan2 lagi menyelusuri dunia lewat Goggle Earth. Klo biasax saya jalan2 ke tempat2 terkenal seperti di Piramida, Ka’bah, ke Candi Brobudur, jalan2 juga ke Jepang, ke Amerika dsb. Tapi kali ini saya menyelusuri mesjid2, saya mau memastikan arah kiblat mesjid2 yang pernah saya tempati beribadah. Ternyata hasil akhirnya rata2 mesjid2 besar memiliki arah kiblat yang pas. Trus mesjid yang ada dikampung2  atau di plosok2 banyak yang tidak pas arah kiblatx, mungkin arsitekx sembarang aja menentukan arah kiblatx.  He he…Tapi saya hanya mengukur mesjid2 tertentu saja di Sengkang dan Di Makassar...

Bagemana carax saya menentukan arah kiblat? yah gampang saja.. saya memanfaatkan fitur “Ruler” yang disediakan Google Earth untuk mengukur jarak dari satu titik ke titik tertentu. Ruler itu saya manfaatkan, carax saya pasang titik pertama di atas Ka’bah trus ujung yang satu saya pasang di Mesjid yang akan ditentukan Arah kiblatx…hasilx Nih foto2x
  • Ini Foto Kiblat, trus garis putih mengarah ke Indonesia




  • Mesjid Raya Makassar
 
Arah kiblatx pas yah... gak melenceng biar dikit...


  • Mesjid Al-Markaz Makassar
 
Yah pas juga arah Kiblatx...
  • Mesjid dekat Kosantq... di Mesjidi nilah saya sering melaksakan Shalat dan ternyata arah kiblatx pas juga.

  •  Klo hari jumat dari kampus, saya biasanya singgah dimesjid ini shalat Jum'at:
 
Tapi gak terlalu lurus dengan arah kiblat...
  • Klo mesjid ini sih, I gak pernah masuk didalamx tapi Saya sering lewat di depannya:
Arah kiblatnya hancur...he he he

  • Klo yang ini mesjid di kampusKu... Saya sering shalat dsini klo saya gi di Kampus
Salut aku, arah kiblatx pas banget, siapa arsitekx yah...!!!

  • Klo yang ini mesjid dekat rumah teman aq... jadi klo I gi di rumah teman I shalat dsini:
 
Yah..arah kiblatx miring dikit..he he mungkin arsitekx miring2 juga otakx dikit..he he he..sory bercanda...
  • Klo pulang kuliah, biasax I nunggu waktu shalat di Mesjid ini namax Mesjid Al-Muhajirin:
 
Arah kiblatx pas juga yah...!!!
Selanjutx... mari lihat mesjid di Kampung saya di Kota Sengkang
  • Mesjid Raya Sengkang:
 
Dikit aja miringx...cuma 3 drajat kali...
  • Trus ini Mesjid Nurul As'adiyah Callaccu... mesjidx skulku waktu SMA:
Miring juga tapi sedikiiiiiiiiiiiiit skali...
  • Klo ini mesjid di Kampung aq tapi agak jauh dari rumahku so saya jarang shalat di Mesjid ini:
Gak pas arah kiblatx.... yah wajar, kan di Kampung...!!!

  • Klo yang ini Mesjid yang sering saya tempati shalat klo saya di kampung. Tapi...wah wah wah wah.... dari sekian mesjid yang saya perhatikan arah Kiblatx...inilah mesjid yang paling kacau... namax mesjid Ar-Ridwan: 

Sebenarx sih arah kiblat itu gak apa2 gak terlalu pas yang penting pada saat penentuanx gak ada maksud u/ melencengkan. Dan sebelum shalat itu harus slalu ada niat menghadap kiblat. Yah Mesjid Nabawi saja ndak terlalu pas arah kiblatx, mesjid tersebut melenceng beberapa derajat. Jadi kesimpulanx niatlah yang paling utama...
  •  Mesjid Nabawi Madinah

Sekian  dan Wassalam

Comments
0 Comments