background img

Temukan hal sederhana disini tapi hasilnya WAHHHHHHH....

Nomor Urut Otomatis (Excel)

Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Bagi teman-teman yang tidak tau, dikit tau, banyak tau & yang sok tau yang senang berkecinpun di dunia Ms. Excel saya punya dikit ilmu untuk dibagi-bagi bagi yang mau. Ilmu yang saya dapatkan ndiri. Tapi klo da pernah dapat di tempat lain bukan berarti dia yang nyontek saya atau saya yang nyontek dia, mungkin saja kebetulan saja. Atau cara ini Anda juga ternyata telah temukan sendiri, ntuh gak ada masalah. Gak apa2kan klo penemuan kita sama.
Ok Lanjut
materi kali ini adalah membuat no. urut otamatis di Excel. yang ilustrasinya seperti ini.
Misalkan Anda seorang guru PNS yang telah tersertifikasi (supaya kren dikit lah) . Trus Anda mau membuat aplikasi sederhana yang dimana aplikasi tersebut dirancang untuk beberapa kelas dan dirancang untuk dipergunakan beberapa tahun. Lanjut cerita, aplikasi tersebu anda inginkan supaya kelihatan rapi dan simpel penggunaannya yaitu jika Anda masukkan nama siswa Anda maka secara otomatis no. urutnya ikut tertulis secara otomatis walaupun Anda tidak menulisnya. Hal tersebut bisa terwujud jika Anda sebelmunya memberikannya rumus. Apa rumusnya dan bagaimana caranya? ikuti langkahnya:

1. Buka Excel dulu dong... (maaf pak klo saya kurang sopan, soalx saya terbiasa nulis kyak gini)
2. Bikin tabel seperti ini:
Ceritanya gini, Jika Anda menulis nama siswa Anda pada baris pertama kolom "Nama Siswa" (B2) maka secara otomatis muncul no. 1 pada kolom No. baris 1 (A2). Jikan Anda melanjutkan menulis nama siswa Anda pada baris kolom "Nama Siswa" (B3) maka secara otomatis mucul no, 2 pada komo "No" baris ke-2 (A3). Untuk melakukannya, ikuti langkah selanjutnya yaitu pembuatan rumus.

3. Arahkan kursornya ke CELL A2 tuliskan rumus  =IF(B2=0,"",1)
4. Arahkan kursornya ke CELL A3 tuliskan rumus =IF(B3=0,"",A1+1)
5 Kopi CELL A3 kemudian paste pada CELL A4 sampai CELL A10
6. Tes hasilnya dengan menuliskan nama di kolom "Nama Siswa" baris pertama (B2), jika muncul no, 1 pada kolom "No" baris 1 (A2), jika tidak maka coba edit rumusnya dengan cara ganti tanda koma (,) menjadi tanda titik koma (;). Jika masih belum berhasil maka ulangi langkah pertama karena barangkali ada kesalahan langkah, dan jika belum beerhasil hubungi saya secapatnya barangkali saya yang salah tutor atau saya yang gak tau menjelaskan... 

Terima kasih sebelum dan sesudahnya....

Comments
0 Comments